Yuk Wisata ke Green Canyon, Pangandaran


Hai Trekkers! kalian tentunya pernah mendengar kan mengenai Green Canyon Colorado yang terkenal dengan keindahaan panorama sungainya? tidak terbayang sebelumnya bila Indonesia juga memiliki sungai Green Canyon seperti yang ada di Amerika. Sungai Green Canyon kepunyaan Indonesia letaknya tidak jauh dari pantai Batu Hiu, tepatnya berada di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Umumnya masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Cukang Taneuh. Dalam bahasa Sunda, cukang berarti jembatan dan taneuh berarti tanah, sehingga berarti jembatan yang terbuat dari tanah. Ini dikarenakan faktanya di atas ngarai sungai Green Canyon memang terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh petani sekitar untuk berjalan menuju kebun mereka.

Green Canyon sendiri lokasinya berada kurang lebih 30 km dari Kota Pangandaran. Bila kalian ingin berkunjung kemari, dapat ditempuh dengan perjalanan darat menuju kota Pangandaran dari tempat kalian masing-masing. Kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun bisa dengan bus umum dan berhenti di Terminal Cijulang, kemudian dilanjutkan kembali dengan menggunakan ojek atau mobil sewaan menuju Dermaga Ciseureuh.

Untuk menuju destinasi wisata tersebut, kita harus menyewa perahu kayu dari dermaga Ciseureuh. Kalian akan menemempuh perjalanan sekitar 3 km yang akan memakan waktu kurang lebih 30-45 menit.  Tak perlu khawatir akan ketinggalan perahu, sebab waktu operasinya dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. dan tersedia cukup banyak armada perahu yang dapat mengantarkan kalian untuk menelusuri objek wisata ini. Nantinya setiap perahu dilengkapi seorang pemandu yang akan menemani kalian dalam perjalanan. Tarifnya sebesar Rp. 75.000,- per orang dengan kapasitas perahu untuk 5-6 orang saja.

Di objek wisata Green Canyon kalian akan menelusuri aliran hulu Sungai Cijulang semakin lama perahu berjalan akan semakin deras arus sungainya dengan air yang jernih dan berwarna hijau toska. Kalian akan menembus dua tebing dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan yang membentuk lukisan alam nan eksotis. Berada diantara cekungan dinding ngarai di kanan dan kiri aliran sungai seakan menyajikan keindahannya tersendiri. Selain itu di bagian atas beberapa kali kalian akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri dengan tetesan air.

Pemandangan yang memanjakan mata akan kalian nikmati selama diperjalanan ke hulu sungai. Sampai pada titik yang ditentukan oleh pengelola wisata, perahu akan berhenti sejenak untuk kalian agar dapat menikmati suasana dan udara didalam ngarai Green Canyon. Jangan sampai melewatkan moment selama kalian disana ya, sebab keindahannya sungguh sangat menakjubkan.

Kurang puas hanya memandangi sungainya yang hijau, kalian juga bisa merasakan sensasi Body Rafting di Green Canyon juga loh. Penasaran seperti apa? akan kami ulas di artikel berikutnya ya. Jadi tunggu apa lagi? yuk ajak teman dan sahabatmu untuk berkunjung ke Green Canyon Pangandaran...!

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar