Tempat Wisata Pulau Sangiang Banten

pulau-sangiang, paket-sangiang, pantai-sangiang, pantai-sangyang

Indonesia, sebagai negara maritim memiliki pesona kepulauan yang indah, salah satunya adalah Pulau Sangiang. Merupakan pulau kecil yang terletak di selat sunda atau sekitar kurang  lebih 10 Km dari pantai Anyer. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam kawasan Kabupaten Serang, Banten. terdapat di titik koordinat pada 105′49′30″ - 105′52′ Bujur Timur 5′56′ - 5′58′50″ Lintang Selatan. Pulau Sangiang merupakan Taman Wisata Laut yang dimiliki oleh Banten. Beberapa wisatawan yang sudah berkunjung kesana banyak yang menyebutnya sebagai Seven Wonders of Banten.

Sahabat Trekker! Sebelum pulau Sangiang dijadikan Taman Wisata Alam pada awal mulanya adalah Cagar Alam seluas 700, 35 Ha. Lalu pada th. 1991 perairan diseputar lokasi dirubah jadi Taman Wisata Alam Laut seluas 720 ha. Pada tanggal 8 Februari 1993 melalui SK Menteri Kehutanan No. 55/Kpts-II/1993 lokasi Cagar Alam dirubah statusnya menjadi Taman Wisata Alam dengan luas 528, 15 ha.

Pulau Sangiang memiliki beberapa pantai yang indah yang berpasir putih, salah satunya Pantai Pasir Panjang serta Pantai Batu Mandi. Di pantai ini anda dapat bersantai di pantai, bermain air serta pasir dengan leluasa dan benar-benar pas untuk nikmati sunset disaat petang tiba. Menjelajahi segi pesisir Pulau Sangiang adalah satu diantara aktivitas favorit untuk wisatawan. Tak hanya mendaki tebing curam, wisatawan dapat juga akan nikmati panorama gua tempat bersarangnya beberapa ratus kelelawar. Trekking melewati jalan setapak yang dikelilingi dengan tumbuhan liar akan membuat pengalaman kalian benar-benar mengasyikkan disini.

Di pulau Sangiang kalian dapat melakukan snorkling dan menyelam menggunakan alat pernapasan sehingga kalian dapat lebih lama menikmati keindahan alam bawah laut pulau ini. Pulau yang eksotik ini menawarkan banyak keindahan wisata di Banten, yang berbentuk terumbu karang serta pantai. tidak heran bila disebut sebagai Seven Wonders of Banten. Jika berkunjung ke pulau ini kalian juga dapat melihat berbagai macam tanaman khas seperti dadap laut, cemara laut, ketapang bayur, api-api, waru laut, nyamplung dan walikukum. 

Dengan menikmati liburan di Pulau Sangiang Banten, tentunya bisa memberikan sensasi tersendiri untuk pikiran kita. Jika kalian ingin mengunjungi pulau ini, jarak tempuhnya hanya memerlukan waktu lebih kurang 45 menit dari pantai Anyer, dengan memakai kapal atau perahu bermotor.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar