Selasa, November 01, 2016

Gunung Pulosari Pandeglang

gunung-pulosari, jalur-gn-pulosari
Gunung Pulosari berlokasi di Desa Cilentung Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung yang berada di sebelah barat kota pandeglang ini memang tidak setenar Gunung Krakatau namun soal keindahan pemandangannya tidak akan kalah saing. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi disini, namun terdapat aktivitas kawah yang lumayan aktif, anda bisa melihatnya secara langsung bila berkunjung ketempat ini. Tinggi gunung ini  hanya 1346 Mdpl memang tidak terlalu tinggi untuk pendakian, sangat pendek bila dibandingkan dengan gunung - gunung berapi lainnya. Namun jangan diremehkan begitu saja, walaupun pendek tapi trek dan jalurnya sangat terkenal menantang bagi kalangan pendaki lokal, menurut berbagai informasi yang didapat treknya itu seperti jalur gunung Cikuray dan gunung gede via putri.

Objek wisata di gunung ini adalah kawah pulosari atau disebut juga kawah ratu, view laut sunda di puncak dan air terjun atau curug putri, namun sayang saat ini curug putri dipagari karena ulah pengunjung yang masih tidak peduli dengan kebersihan lingkungan curug, padahal curug ini digunakan sebagai sumber mata air bagi penduduk di sekitar desa. Untuk bermalam di tempat ini sahabat trekker dapat mendirikan tenda sebelum area kawah atau bisa juga di area puncak tapi di puncak areanya sangat terbatas hanya cukup untuk beberapa tenda saja, kami sarankan untuk camp di dekat kawah saja selain tersedia banyak lahan untuk mendirikan tenda disini juga terkadang ada warung dadakan seperti foto yang kami sisipkan dibawah nanti.

Menuju ke Gunung Pulosari ada beberapa opsi yang dapat kalian pilih, tinggal sesuaikan dengan keinginan kalian. Bila membawa kendaraan pribadi dengan motor atau mobil patokannya adalah kota Pandeglang kemudian ke pertigaan Mengger dengan mengikuti jalur arah ke Labuan, setelah sampai Mengger lurus saja ke arah Mandalawangi dan ikuti jalan sampai melewati pasar Pari, sekitar 2 - 3 km nanti ada marka tempat Wisata Pulosari. Jika kalian ingin naik angkutan umum jalurnya pun tidak begitu berbeda dan cukup mudah untuk dilalui, kalian bisa menggunakan bis Jakarta-Labuan dan turun di pertigaan Mengger atau dari jakarta transit di Serang lalu naik jurusan Labuan dan turun di Mengger dari pertigaan mengger kalian bisa naik angkot atau sewa ojeg sampai pintu masuk Wisata Pulosari.

Tips Pendakian :
- Sumber air berada di Curug Putri

Transportasi:
Jakarta - Serang (bus)
Serang - pertigaan Mengger (bus)
Pertigaan Mengger - Pulosari (angkot/ojeg)