Jumat, Oktober 28, 2016

Berkunjung ke Tamansari

tamansari-jogja, wisata-jogja

Tamansari Yogyakarta yang pada masa dulu dinamakan "The Fragrant Garden" adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta yang dibangun oleh pangeran Mangkubumi yang dikenal dengan gelar Sultan Hamengku Buwono I. Tempat ini dibangun pada tahun 1758-1765/9 untuk menghormati jasa istri-istri Sultan karena telah membantu selama masa peperangan, beliau memerintahkan Demak Tegis seorang arsitek berkebangsaan Portugis dan Bupati Madiun sebagai mandor dalam proses pebangunannya.

Memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kolam pemandian menjadi salah satu ikon di area ini, sekaligus  menjadi spot wajib bagi wisatawan untuk berfoto-foto ria. Kolam pemandian dibagi menjadi tiga bagian yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja). Bangunan di area ini sebenarnya mirip seperti benteng di tengah kota, karena tebalnya tembok yang dibangun dan banyaknya lorong-lorong yang memang sengaja dibuat untuk mengevakuasi keluarga Sultan bila terjadi ancaman yang tiba-tiba terjadi. Pada dulunya area ini seperti Istana Bogor atau Istana Cibodas yang di khususkan hanya untuk keluarga kesultanan saja, namun saat ini masyarakat umum bisa memasuki kawasan ini hanya dengan membayar tiket wisata diloket yang telah disediakan.

Transportasi untuk menuju Tamansari Yogyakarta tidaklah sulit, anda bisa berjalan kaki dari Kraton Yogyakarta sekitar 15 menit saja atau bisa menggunakan becak dari Jalan Malioboro. Biaya tiket retribusi untuk sekali masuk  dikenakan sebesar Rp.5.000,- per orang. Bagi kalian yang memerlukan guide wisata di Tamasari, jangan khawatir disini banyak orang yang bekerja menjadi pemandu, biasanya mereka menunggu di depan pintu gerbang masuk Istana Air Tamasari. Untuk biaya guide tour besarannya tidak ditentukan, biasanya mereka bilang sekedarnya tanpa menyebut besaran yang mereka minta, namun pengunjung biasanya memberkan uang sekitar Rp.25.000,- untuk rombongan kecil.

0 komentar:

Posting Komentar