Gunung Papandayan via Garut

kawah-drajat, kawah-papandayan,gunung-papandayan
Hallo Trekker! Mendaki gunung kini semakin ngehits bagi kaula muda pada saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa tanyangan layar lebar dengan tajuk '5 cm' menjadi salah satu penyumbang racun terbesar dalam mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap wisata pegunungan. Besarnya animo para muda-mudi untuk menjajal naik gunung terkadang tidak diiringi dengan kemampuan atau skill yang mumpuni untuk berpetualang di alam bebas, alangkah baiknya bila sebelumnya mencari pendamping yang lebih berpengalaman untuk keamanan dalam trip pendakian anda. Bagi kalian yang masih awam mengenai kegiatan naik gunung kami sangat menyarankan untuk menjajal gunung-gunung secara bertahap dari golongan yang mudah didaki terlebih dahulu seperti yang berikut ini.

Gunung Papandayan terletak di kabupaten Garut, dapat ditempuh menggunakan angkutan kota sekitar 30-40 menit dari terminal Garut. Kondisi gunung ini dapat dikategorikan sebagai destinasi gunung yang sangat ramah untuk pemula karena jalur trek yang sangat jelas, waktu tempuh yang singkat ditambah dengan kontur gunung yang landai menjadikan sangat bersahabat bagi kalian yang belum pernah naik gunung. Untuk bisa sampai ke Gunung Papandayan anda bisa menggunakan bus dari kota anda menuju terminal Guntur (Garut), dari sini anda bisa menggunakan angkutan umum rute Garut-Cikajang untuk mengantarkan anda sampai ke Alun-Alun Cisurupan. Cisurupan bukan lah pintu masuk Gunung Papandayan, namun anda hanya transit disini untuk melanjutkan kembali perjalanan ke pintu masuk pendakian, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pickup atau juga bisa menggunakan jasa ojeg pangkalan.

Kurang lebih 50 menit anda akan tiba di gerbang pendakian Gunung Papandayan atau juga akrab disebut sebagai Camp David, disini anda harus mengurus registrasi pendaftaran dan perizinan pendakian. Setelah selesai dan mendapatkan tiket masuk, pendakian Gunung Papandayan via Garut dimulai. Berikut ini adalah rute pos pos pendakian yang ada di Gunung Papandayan.

Jalur Pendakian:
Camp David - Kawah Papandayan (20mnt)
Kawah Papandayan - Guber Hut/Pintu Angin (40mnt)
Guber Hut/Pintu Angin - Pondok Saladah/Camp Ground (15mnt)
Pondok Saladah/Camp Ground - Hutan Mati (15mnt)
Hutan Mati - Tegal Alun (40mnt)

Biasanya pendaki bermalam di Pondok Saladah dan pada esok harinya trekking menuju Hutan Mati untuk berfoto bersama dan bernarsis ria, jarang yang melanjutkan ke Tegal Alun karena keterbatasan waktu dan juga jalur tekking yang curam dan sempit. Untuk rute perjalanan pulang juga menggunakan jalur yang sama seperti saat perjalanan awal.

Jalur Transportasi:
Jakarta - Terminal Guntur/Garut (bus)
Terminal Guntur - alun-alun Cisurupan (angkot)
Alun-alun Cisurupan - Camp David (pick-up/ojeg)

Tips Pendakian :
-Pakailah masker udara saat melewati area kawah.
-Sediakan uang lebih, karena gunung ini tidak dikelola oleh pemerintah, sehingga pihak pengelola terkadang menaikan atau menarik retribusi seenaknya.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar