Minggu, Oktober 30, 2016

Gunung Cikuray Wisata Garut

stasiun-pemancar, gunung-cikuray, cikuraySelain objek wisata kawah Gunung Papandayan, Kota Garut juga memiliki tempat lainnya yang sering juga sahabat trekker kunjungi yakni Gunung Cikuray, merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai (3078 mdpl), Gunung Pangrango (3019 mdpl) dan Gunung Gede (2958 mdpl). Gunung Cikurai identik dengan bentuknya yang kerucut menyerupai nasi tumpeng, yang sungguh unik dipagi hari anda dapat melihat bayangan gunung ini dari puncaknya. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 2.818 mdpl, terletak di selatan kota Garut dapat diakses menggunakan kendaraan umum dari arah Bandung atau bisa juga dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur kemudian diteruskan menggunakan angkutan kota menuju jalur pendakian yang diinginkan.

Tersedia 3 rute atau jalur pendakian yakni jalur pendakian via Bayongbong, Cikajang dan via Dayeuhmanggung/ Cilawu. Jalur via Bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak sehingga rute ini jarang sekali dilalui oleh pendaki. Jalur via Cikajang merupakan jalur yang landai namun waktu tempuh perjalannanya cukup jauh, trek ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencoba untuk lintas gunung dari Papandayan ke Gunung Cikurai atau sebaliknya. Terakhir adalah jalur via Cilawu, merupakan trek paling favorit yang paling sering dilalui oleh pendaki dan kami juga lebih menyaran kan anda untuk melalui rute yang satu ini karena selain waktu tempuh yang lebih singkat, medan jalur dalam perjalanan juga tidak terlalu terjal.

Untuk menuju jalur pendakian Gunung Cikuray via Ciawu anda dapat melaluinya dari terminal Guntur (Garut) dengan menggunakan angkot 06 tujuan Cilawu sekitar hampir 1 jam perjalanan. Kalian bisa turun di Sukamulya, nanti supir angkot akan menurunkan anda di jalan masuk perkebunan teh, kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek untuk menuju stasiun pemancar. Stasiun pemancar merupakan pos 1 untuk pendakian Gunung Cikurai, disini juga akan ada petugas lokal yang mendata pendaki yang naik dan turun.

Setelah sampai di stasiun pemancar, kita bisa istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan perkebunan teh yang cukup indah dan asri. Perlu diingat bahwa tidak ada sumber mata air selama pendakian gunung Cikuray via Cilawu ini, jadi kalian dapat  mengambil persediaan air sebelumnya dari Pos I/Pemancar ini. Setelah mengecek kembali barang bawaan kalian, saatnya meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak Cikuray. Waktu tempuh pendakian menuju puncak Cikuray menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 5 sampai 6 jam perjalanan tergantung dengan pergerakan team dalam pendakian ini, namun kebanyakan pendaki membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk sampai ke area puncak.

Jalur Transportasi:
Jakarta - Garut (bus)
Garut - Perkebunan teh/Cilawu (angkot 08)
Perkebunan teh/Cilawu - Pos I/Pemancar (pickup/ojeg)

Tips Pendakian:
- Jangan berlebihan, bawalah perbekalan secukupnya seperti makanan, air dan snack.
- Lihat jumlah pendaki pada saat registrasi, karena area camp terbatas.
- Bawalah turun sampah kalian.

0 komentar:

Posting Komentar